Kamis, 25 Mei 2017

indahnya goa rancang kencono

Gua Rancang Kencana - Rancang Kencana gua terletak di Dusun Menggoran, desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, sekitar 40 km dari pusat kota Jogjakarta.
Untuk mendapatkan ada daerah jalan terus mendaki dengan banyak jurang di sebelah kanan dan kiri jalan. Jika para pencari ingin menggunakan transportasi umum kemudian dapat dimulai dari terminal dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam bus Giwangan Yogyakarta dan biaya Rp 6000. Selama perjalanan ke lokasi yang ada banyak hutan jati, kayu, mahoni, pinus, dll. Tiba di harimau Gading maka para pencari dapat melanjutkan perjalanan dengan mengambil transportasi umum ke Menggoran harimau. Namun, transportasi umum ini hanya ada sampai siang pada waktu yang sama dengan sekolah jam pulang sekolah. Selain itu, pencari juga dapat mengambil keuntungan dari layanan taksi sepeda motor biaya Rp 15.000 untuk Gua Rancang Kencana.
Jika para pencari menggunakan kendaraan pribadi, kemudian dari Jogjakarta maka ada dua alternatif rute yang perjalanan tracers dapat melakukan perjalanan. Baris pertama adalah Jogjakarta - Piyungan - Patuk - harimau Gading - Playen - Bleberan. Sedangkan yang kedua garis Playen Jogjakarta - Imogiri - Panggung - - Bleberan.
Sejak perjalanan melewati banyak wilayah hutan dengan banyak persimpangan, itu lebih baik bagi pencari untuk meminta penduduk setempat tentang arah perjalanan ke Gua Rancang Kencana. Jika para pencari telah memasuki desa Bleberan kemudian di garpu ada posting untuk membeli tiket masuk ke lokasi wisata gua ini.
Harga tiket adalah Rp 3000 / orang. Tiket cukup murah. Karena tiket dapat digunakan oleh pencari untuk memasukkan situs dua Wisata Air Terjun Sri Gethuk dan Rancang Kencana gua yang terletak di masing-masing terletak sekitar 200 meter dari pos Tiket. Para pencari dapat memilih untuk pergi ke Gua Rancang Kencana atau ke air terjun Sri gethuk pertama. Tapi itu baik jika para pencari untuk pergi ke Gua Rancang Kencana pertama karena bidang ini cukup ringan tanpa perlu menguras lebih banyak kekuatan daripada karyawisata ke air terjun Sri Gethuk.
Di pos tiket para pencari dapat meminjam sebuah senter untuk petugas sebagai terang sementara di dalam gua dan pada saat yang sama meminta untuk didampingi pemandu. Tanpa mendapatkan disampaikan oleh panduan ini tidak masalah karena untuk menuju Gua Rancang Kencana cukup mudah. Lokasi Gua Rancang Kencana ditandai dengan dua tumpukan batu-batu di sebelah kanan dan kiri jalan yang tampaknya menjadi pintu gerbang.
Sekitar 30 meter dari tumpukan batu pencari akan bertemu pohon clumpit yang menjulang tinggi. Menilai dari bentuk dan ukuran pohon clumpit dengan bentuk yang sangat kuat, hal ini tentu usia tanaman yang telah ratusan tahun. Mendekati pohon besar adalah lubang besar dengan semen tangga masuk dan turun ke dalam gua. Mencari dari lubang besar ini dari jauh terlihat Gua Rancang Kencana. Rimbunnya tanaman membuat lokasi gua dirancang Kencana terlihat indah dan menyejukkan. Namun redup sinar matahari yang masuk ke dalam gua membuat suasana di dan di sekitar gua terasa nuansa mistis.
Kapan pencari melangkah ke dalam Gua Rancang Kencana akan menemukan berbagai bentuk stalaktit dan stalagmit yang berwarna putih, coklat dan hitam. Tapi tak satu pun dari stalaktit dan stalagmit yang berkilauan. Memasuki gua 'gerbang' lebar 10 meter dan ketinggian 8 meter juga ada tumpukan batu-batu yang tidak berbentuk seperti sapi. Ada juga batu kotak dengan hiasan ukiran di bagian bawah. Sayangnya tekstur inlay pada dua batu ini kurang jelas.
Di gua ini juga terdapat beberapa lorong. Menariknya, ada lorong gua yang lubang yang cukup kecil dan harus memasukkannya satu per satu. Diberikan pintu masuk lubang cukup sempit, hanya menyebabkan pengunjung yang tipis atau tipis diperbolehkan untuk masuk. Dan untuk para pencari yang subur alias lemak tidak diperbolehkan karena itu pasti tidak muat:). Dan di belakang aula ada ruang yang cukup luas dan mengukur sekitar 5 × 6 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar